Disini Surganya Ilmu Pengetahuan Tentang Komputer dan Blogging

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

Software pengolah kata semua pasti sudah tau apa itu software pengolah kata yaitu software yang digunakan untuk mengetik suatu laporan, dokumen, atau mungkin cerita. Untuk yang bekerja di perusahaan pasti sudah akrab dengan software ini. Untuk saya sendiri, saya tidak terlalu sering mengunakan nya atau bisa dibilang jarang sekali.

Ada 9 software pengolah kata yang sering digunakan orang, dari yang sederhana sampai yang kompleks. Berikut ini akan dijelaskan 9 software pengolah kata yang sering digunakan di sebuah komputer.


9 Software Pengolah Kata Terpopuler

1. Notepad
Notepad adalah aplikasi pengolah kata bawaan windows. Jadi setiap menginstal windows notepad biasanya otomatis juga terinstal. Notepad merupakan editor teks yang sangat sederhana, program ini biasanya digunakan oleh seorang pembuat program untuk menuliskan program program atau merubah konfigurasi. Fasilitas notepad yang sederhana membuat notepad ringan dan cepat ketika dijalankan walaupun dengan komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Fitur yang terdapat dalam notepad hanya untuk mengubah besar kecilnya tulisan, mengganti jenis huruf serta mengubah tebal - tipis, garis bawah dan italic.

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

2. Wordpad
Wordpad juga merupakan teks editor bawaan dari sistem operasi Windows. Fitur wordpad lebih lengkap dari pada notepad, antara lain kemampuan untuk menyisipkan obyek, tanggal, lain seperti file, atau gambar, perataan paragraf, memformat tulisan, memasukan bullet dan mengatur tabs pada sebuah tulisan. Untuk menjalankan Wordpad hampir sama dengan Notepad.

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

3. Microsoft Word
Microsoft Word merupakan teks editor yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Word dimasukan dalam paket Microsoft Office bersama dengan Microsoft Excel, Access, Frontpage dan Outlook. Microsoft Office pertama kali yang dikembangkan adalah Microsoft Office 97, Office 2000, Office XP, Office 2003, Office 2007, Office 2010 dan Office 2013, kabarnya Office terbaru yaitu Office 2016 sudah rilis dengan versi free preview. Pada saat ini pengguna sebagian besar pengguna komputer menggunakan Microsoft Office, dalam pekerjaan sehari - hari untuk mengolah kata dan angka (spreadsheet). Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakannya, tampilan yang menarik, dan sebagainya.

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

4. StarOffice Writer
StarOffice merupakan pemroses kata yang merupakan bagian dari StarOffice. StarOffice writer memiliki fitur yang hampir sama dengan Open Office karena memang dikembangkan dari kode sumber yang hampir sama. Dokumen yang disimpan dengan ektensi .odt. versi terakhir dari StarOffice Writer adalah versi 8.

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

5. Open Office Writer
Program OpenOffice merupakan sebuah program aplikasi seperti Microsoft Officem bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (gak pake lama).. Eh bukan, GPL (General Public License). Sehingga program ini bebas didistribusikan secara gratis. Open Office juga sama seperti Microsoft Office yang memiliki beberapa paket program antara lain, Open-Office Draw, Writer, Impres, Math, dan Base Calc.

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

6. AbiWord
Sama seperti Open Office, Abiword merupakan software pengolah kata yang mengusung lisensi GPL (General Public License) yang dikembangkan oleh komunitas OpenSouce. Dengan lisensi ini, kita bisa bebas menginstal dan menggunakan software Abiword ini. Program ini bisa kita dapatkan secara gratis dengan mengunduh (download) dari situs resminya di www.abiword.org secara gratis. Abiword mempunyai ukuran yang kecil yaitu 5 mb.

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

7. KWord
KWord merupakan pengolah kata yang menjadi bagian dari KOffice. KOffice dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) sebuah lingkungan desktop yang sering digunakan oleh sistem operasi Linux. KOffice dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public License). KOffice dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS.

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

8. Atlantis - Word - Processor
Atlantis Word Processor merupakan salah satu program pengolah kata. Tampilan Atlantis hampir mirip dengan Microsoft Word. Atlantis didukung format - format seperti Document (doc) yang kompatibel dengan Microsoft Word versi 6 sampai XP, Rich Text Format (rtf), Encrypted Document (cod), dan format teks standar (txt).

9 Software Pengolah Kata Terpopuler

9. GoogleDocs
GoogleDoc merupakan pengolah kata online yang terkenal yang diciptakan oleh Google. Google Docs tidak perlu diinstal di dalam sebuah komputer sebelum digunakan. Selama ini Google dikenal sebagai mesin pencari data. Google Docs sangat mudah digunakan seperti pengolah kata yang lain, cepat dan bisa digunakan dari mana saja.

Oke, itulah dia 9 software pengolah kata dari yang sederhana sampai yang kompleks, apakah kalian sudah menggunakan software diatas? jujur saja kalau saya belum semua. hihihi. Jika terdapat kesalahan saya mohon maaf, terima kasih sudah mau berkunjung ke blog ku yang sederhana. Salam Sahabat Blogger.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

saya sering memakai pengolah kata seperti notepad dan ms word. yg lain belum nyoba soalnya nggk tahu hehe

Balas

untuk bikin artikel, saya pake word dan notepad..sudah mewakili..infonya asyik salam sukses

Balas

wah sama gan saya juga sering nya makai tu 2 software.. :D

Balas

iya itu software memang enk untuk nulis artikel... :-d

Balas

yang saya bisa cuma di notepad gan,karena lebih praktis dan merupakan software bawaan :D

Balas

dan tentunya lebih mudah menentukan format filenya untuk kita simpan dalam browser ataupun file online.

Balas

+ ringan juga gan... :-bdd

Balas

Saya sering make Notepad sih, lebih ringan dari pada yang lain..

Balas

aku juga biasa pakai notpad, yang lain belum coba..

Balas

Ms. Word tetep pilihan utama :D

Balas

Saya suka pakai word dan notepad untuk pengolah kata

Balas

bener banget gan.. ringan..

Balas

iya gan, notepad emang yang paling sering digunaan...

Balas

wah kalo untuk nulis laporan, atau makalah, Emang harus pakai MS.word mba. :D kalo untuk nulis artikel saya biasanya pakai notepad.

Balas

sama gan saya juga 2 software itu yang sering saya pakai.. hehe :D

Balas

Saya sering pakai notepad untuk ngeblog gan!

Balas

Yang kadang saya pakai paling notepad dan MS. Word, lainnya hampir gak pernah :D

Balas

wah sama gan . saya juga makai notepad.. Terima kasih udah berkunjung..

Balas

notepad sama MS.word .. hampir semua nya seperti nya hanya makai 2 software itu... makasih udah berkunjung kang..

Balas

Notepad plus plus gak masuk gan?

Balas

itu kan diatas ada notepad gan.. :D

Balas

Banyak ya sekalinya. saya cuman pake no 3 aja kang.

Balas

Apa pendapat mu tentang ini?
>Berkomentarlah dengan baik, sesuai topik, dan jangan nyepam..
>>Sorry kalau balas nya telat..